Thursday, November 10, 2016

Bagaimana Jika seorang muslim bekerja dengan orang non muslim?

Gambar : Ilustrasi
Assalamu alaikum  wr.wb
Pada sore hari, tidak sengaja dalam pikiran saya koq tertuju pada satu soalan yang tiba tiba di depan saya, mungkin saja karena efek kondisi politik kali yaa..
kemudian saya tanyakan pada teman saya yang kebetulan dia mengerti betul agama, pada diskusi melalui group whatapps.

Ini pertanyaan saya :
Apa hukumnya seorang muslim yang bekerja dengan Bos non muslim(kafir)..?

Jawaban dia adalah :
Asal pekerjaannya halal. Maka boleh. Berdasarkan riwayat kaab bin ujroh yg bekerja memberi minum unta milik org yahudi dgn upah satu butir kurma untuk setiap satu timba air. Upahnya diberikan rosulullah. Dan rosulullah tidak melarangnya

Berikut hadist Ka’b bin Ujrah z:
أَتَيْتُ النَّبِيَّnفَرَأَيْتُهُ مُتَغَيِّراً فَقُلْتُ: بِأَبِي أَنْتَ، مَا لِي أَرَاكَ مُتَغيِّراً؟ قَالَ: مَا دَخَلَ جَوْفِي مَا يَدْخُلُ جَوْفَ ذَاتِ كَبِدٍ مُنْذُ ثَلاَثٍ. قَالَ: فَذَهَبْتُ فَإِذَا يَهُوْدِيٌّ يَسْقِي إِبِلاً لَهُ فَسَقَيْتُ لَهُ عَلَى كُلِّ دَلْوٍ بِتَمْرَةٍ فَجَمَعْتُ تَمْراً فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِيَّnفَقَالَ: مِنْ أَيْنَ لَكَ، يَا كَعْبُ؟ فَأَخْبَرْتُهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ n: أَتُحِبُّنِيْ يَا كَعْبُ؟ قُلْتُ: بِأَبِيْ أَنْتَ، نَعَمْ
Aku menghadap Nabi n, aku pun melihat beliau sudah berubah (tubuhnya). “Kutebus engkau dengan ayahku, mengapa kulihat Anda berubah?” Beliau menjawab, “Tidak masuk dalam perutku sesuatu yang masuk ke perut makhluk yang memiliki hati (makhluk hidup) sejak tiga hari.” (Ka’b berkata) Aku pun pergi. Ternyata ada seorang Yahudi yang sedang memberi minum seekor unta miliknya. Aku pun membantunya memberi minum dengan upah satu butir kurma setiap satu timba, hingga aku berhasil mengumpulkan beberapa butir kurma. Lantas aku datang kepada Nabi n. Beliau pun mengatakan, “Dari mana kurma ini, wahai Ka’b?” Aku pun memberitahukan asalnya kepada beliau. Kemudian beliau mengatakan, “Apakah kamu mencintai aku, wahai Ka’b?” “Iya, kutebus engkau dengan ayahku….” (Hasan, HR. ath-Thabarani. Dihasankan oleh asy-Syaikh al-Albani dalam kitab Shahih at-Targhib 3/150 no. 3271)

Wassalamu alaikum...wr.wb
Semoga tulisan ini ada manfaatnya..Aamiin...


==== space undercontruction ======