Thursday, January 12, 2017

Siapa bilang sedekah hanya dengan uang ?

Diriwayatkan dari sahabat yang mulia Abu Dzar al-Ghifari radiyallahu 'anhu, bahwa sanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

أَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُونَ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ وَفِى بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ

“Bukankah Allah telah menjadikan segala sesuatu itu bisa kalian sedekahkan? Sesungguhnya setiap ucapan “Subhanallah” adalah sedekah, setiap ucapan “Allahu akbar” adalah sedekah, setiap ucapan “Alhamdulillah” adalah sedekah, setiap ucapan “La ilaha illallah” adalah sedekah, memerintahkan kepada kebaikan adalah sedekah, dan bahkan berkumpulnya (hubungan intim) seorang suami dengan istrinya adalah sedekah. [HR. Muslim].

Dalam hadist lain, dari sahabat Abu Hurairah radiyallahu 'anhu, beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

يَعْدِلُ بَيْنَ الاِثْنَيْنِ صَدَقَةٌ وَيُعِينُ الرَّجُلَ عَلَى دَابَّتِهِ فَيَحْمِلُ عَلَيْهَا ، أَوْ يَرْفَعُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ وَكُلُّ خَطْوَةٍ يَخْطُوهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ وَيُمِيطُ الأَذَى ، عَنِ الطَّرِيقِ صَدَقَةٌ

“Engkau mendamaikan dua orang yang sedang berselisih adalah sedekah, engkau membantu seseorang naik kendaraan adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang engkau langkahkan menuju (masjid) untuk sholat (berjama'ah) adalah sedekah, dan menyingkirkan gangguan dari jalanpun adalah sedekah. [HR. Bukhori dan Muslim].

Dalam hadist lain, dari sahabat Jabir bin Abdillah radiyallahu 'anhuma, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

كُلُّ مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ

“Setiap kebaikan adalah sedekah” [HR. Bukhori].

Dalam hadist lain, dari sahabat Abu Dzar al-Ghifari radiyallahu 'anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

تَبَسَّمُكَ فِيْ وَجْهِ أَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah” [HR. Tirmidzi].

sumber :

Media Da'wah Al-Furqon
Oleh M. Syamsuddin Abu Yasir

==== space undercontruction ======